Berikut adalah tingkat keparahan penyakit hifema yang harus Anda ketahui





Hifema
Biasanya, jika Anda melihat darah di mata Anda, itu karena pembuluh darah kecil di mata telah pecah, menyebabkan sebagian atau seluruh putih mata Anda (sclera) tampak merah terang.

Menurut Artria, darah tanpa rasa sakit di mata ini disebut perdarahan subkonjungtiva ; dan meskipun terlihat menakutkan, perdarahan subconjunctival adalah umum dan tidak berbahaya dan dapat disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti bersin atau batuk.

Tetapi ada jenis perdarahan kedua di bagian depan mata yang jauh lebih serius - ini disebut hyphema, dan membutuhkan perhatian segera oleh dokter mata Anda .

Apa itu Hyphema?
Hifema adalah pendarahan atau pembuluh darah yang pecah di dalam mata yang menyebabkan darah terkumpul di ruang anterior mata - ruang antara kornea dan iris yang biasanya diisi dengan cairan bening yang disebut aqueous humor

.

Tingkat keparahan hyphema dinilai oleh berapa banyak darah yang menumpuk di mata:

Grade 0 (mikrohyphema): Tidak ada genangan darah yang terlihat, tetapi sel darah merah dapat terlihat di dalam ruang anterior setelah pemeriksaan mikroskopis.
Kelas 1: Penggabungan darah dalam kurang dari sepertiga bagian bawah ruang anterior.
Tingkat 2: Mengisi darah sepertiga hingga setengah dari ruang anterior.
Tingkat 3: Darah mengisi setengah hingga kurang dari semua ruang anterior.
Grade 4: Pengisian total ruang anterior dengan darah. Jika darahnya merah terang, ini disebut hyphema total. Jika darahnya berwarna merah-hitam gelap, kadang-kadang disebut "hyphema 8-bola."
Secara umum, semakin tinggi derajat hyphema, semakin besar risiko kehilangan penglihatan dan kerusakan mata jangka panjang. Warna merah atau hitam gelap dari hyphema 8-bola (tipe yang paling berbahaya) dikaitkan dengan penurunan sirkulasi aqueous humor dan penurunan oksigen di ruang anterior mata.

Apa Gejala Lain Dari Hyphema?
Selain darah di mata, gejala-gejala berikut biasanya dikaitkan dengan hifema:

Visi buram atau terdistorsi
Sakit mata
Sensitivitas cahaya (fotofobia)
Sakit kepala
Nyeri mata, kepekaan terhadap cahaya, dan sakit kepala kemungkinan besar terjadi jika hyphema menyebabkan peningkatan tekanan intraokular (IOP) .

Apa Penyebab Pendarahan Di Mata?
Penyebab paling umum dari hyphema adalah trauma pada mata. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengunjungi dokter mata Anda segera jika Anda mengalami cedera yang menyebabkan " mata hitam ."

Dalam beberapa kasus, hyphema traumatis juga dapat terjadi setelah operasi mata, termasuk operasi katarak . Tetapi ini relatif jarang.

Mungkin juga terjadi hyphema secara spontan, khususnya di antara orang yang menggunakan pengencer darah (seperti warfarin atau aspirin) atau memiliki kelainan pembekuan darah (hemofilia). Diabetes juga dapat meningkatkan risiko hyphema spontan, seperti halnya pertumbuhan tumor di mata (ocular melanoma).

Apakah Hyphema Serius? Apakah Ada Komplikasi?
Biasanya, darah yang terkumpul di ruang anterior mata karena hiphema akan diserap kembali oleh tubuh tanpa kerusakan permanen pada mata.

Subscribe to receive free email updates: